Aspek-Aspek Posttraumatic Growth Menurut Calhoun & Tedeschi

Posted on

Calhoun & Tedeschi (2004) menyebutkan perubahan dalam diri seseorang pasca kejadian traumatik yang juga merupakan elemen PTG antara lain:

  1. Appreciation for life (Penghargaan terhadap hidup)

Merupakan perubahan mengenai hal apa yang penting dalam hidup seseorang. Perubahan yang mendasar adalah perubahan mengenai prioritas hidup seseorang yang juga dapat meningkatkan penghargaan kepada hal-hal yang dimilikinya misalnya menghargai kehidupannya. Perubahan prioritas tersebut misalnya menjadikan hal yang kecil menjadi sesuatu yang penting dan berharga misalnya senyuman anak atau waktu yang dihabiskan untuk bermain bersama anak. “Even the smallest joys in life took on a special meaning.”

  1. Relating to others (Hubungan dengan orang lain)

Merupakan perubahan seperti hubungan yang lebih dekat dengan orang lain, lebih intim dan lebih berarti. Seseorang mungkin akan memperbaiki hubungan dengan keluarga atau temannya. Misalnya pada orang tua yang kehilangan anaknya menyatakan bahwa ia lebih empati terhadap siapapun yang sedang sakit dan siapapun yang sedang mengalami kesedihan.

  1. Personal strength (Kekuatan dalam diri)

Merupakan perubahan yang berupa peningkatan kekuatan personal atau mengenai kekuatan dalam diri yang dimilikinya. Misalnya pada orang tua yang kehilangan anaknya menyatakan, “Saya dapat mengatur semuanya dengan lebih baik. hal-hal yang menjadi sesuatu masalah yang besar sekarang menjadi masalah yang tidak begitu besar bagi saya.”

  1. New possibilities (Kemungkinan-kemungkinan baru)

Merupakan identifikasi individu mengenai kemungkinan baru dalam kehidupan atau kemungkinan untuk mengambil pola kehidupan yang baru dan berbeda. Sebagai contoh misalnya seseorang yang mengalami kehilangan orang tersayangnya karena suatu penyakit mempengaruhi dirinya untuk berjuang menghadapi kesedihan dan menjadikan dirinya seorang suster. Dengan menjadi seorang suster ia dapat mencoba memberikan kepedulian dan rasa nyaman pada orang lain yang mengalami penderitaan dan kehilangan. Beberapa orang memperlihatkan ketertarikan yang baru, aktivitas baru, dan mungkin memulai pola kehidupan baru yang signifikan.

  1. Spiritual Development (Perkembangan spiritual)

Merupakan perubahan berupa perkembangan pada aspek spiritualitas dan hal-hal yang bersifat eksistensial. Individual yang tidak religius atau tidak memiliki agama juga dapat mengalami PTG. Mereka dapat mengalami pertempuran yang hebat dengan pertanyaan-pertanyaan tersebut mungkin dijadikan sebagai pengalaman PTG.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *