Contoh Judul Penelitian Skripsi Menggunakan Teori Kohesivitas

Posted on

Salah satu teori yang populer digunakan untuk skripsi adalah kohesivitas. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas sedikit mengenai beberapa contoh judul untuk referensi Anda dalam membuat sebuah penelitian. Dalam penelitian kohesivitas, Anda bisa menggunakan berbagai subjek. Kendati demikian, tentu Anda memerlukan sebuah organisasi atau komunitas. Namun bisa juga Anda lakukan dalam sebuah kelompok, club, bahkan lingkungan keluarga.

Setiap manusia satu sama lain saling berhubungan dalam hal apapun, baik dalam lingkup yang kecil bahkan dalam lingkup yang besar, artinya kita sebagai makhluk sosial tidak pernah terlepas dari kelompok. Ketika seseorang lepas atau keluar dari satu kelompok maka secara tidak langsung akan masuk dalam kelompok yang lain. Misalnya ketika sedang kuliah kita berada dalam kelompok mahasiswa namun ketika kita pulang dengan menggunakan kendaraan umum maka saat itu kita sudah masuk dalam kelompok penumpang kendaraan tersebut. Di dalam ilmu sosial biasanya kelompok disebut sebagai komunitas yaitu suatu kumpulan (agregat) manusia dengan ciri-ciri tertentu walaupun individu-individu manusia anggota kumpulan itu sama sekali belum pernah saling berhubungan. Komunitas merupakan kelompok sosial yang terdiri atas beberapa orang yang menyatukan diri karena mempunyai kesamaan dalam banyak hal. Misalnya, kebutuhan, kepercayaan, maksud, minat, bakat, hobi, dan kesamaan lain, sehingga mereka merasa nyaman ketika menyatukan diri karena merasa ada teman dalam hal yang sama. Sekalipun hal itu dianggap unik bahkan ganjil oleh orang lain.

Oleh karena itu, berikut beberapa contoh penelitian skripsi yang menggunakan teori kohesivitas.

  • Hubungan antar motif sosial dengan kohesivitas kelompok pada siswa pendidikan dasar Wanadri (PDW99)
  • Studi Deskriptif Mengenai Tingkat Kohesivitas VAC Cabang Bandung Raya.
  • Studi Korelasi Komparasi Antara Kohesivitas Kelompok Dengan Performance Bertanding Tim Bola Basket Pelatda Pra-PON Jawa Barat 2004
  • Hubungan Antara Komunikasi Antar Persona Terhadap Kohesivitas Keluarga.
  • Komunikasi antarbudaya dalam membangun kohesivitas kelompok para pemain persib Bandung: Studi mengenai komunikasi antarbudaya dalam membangun kohesivitas kelompok para pemain persib Bandung liga Indonesia XI tahun 2005
  • Hubungan Antara Komunikasi Kelompok Anggota Mapenta Unisba dengan Kohesivitas Kelompok.

Demikianlah beberapa judul penelitian skripsi yang menggunakan variabel kohesivitas. Jika Anda tertarik untuk menggunakan teori tersebut. Ada baiknya Anda mencari subjek penelitian terlebih dahulu. Pasalnya, Anda harus memiliki keterikatan yang kuat agar dapat memahami dan mengenal secara dekat target dari subjek penelitian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *