Faktor Penyebab Locus of Control Individu

Posted on

Skala locus of control bersifat kontinum, adakalanya seseorang mempunyai kecenderungan internal locus of control dan adakalanya kecenderungan external locus of control (Harvey London, 1978: 264, 291). Hal ini ditentukan oleh kondisi yang mempengaruhi perubahan perubahan dari keyakinan internal-external locus of control. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan internal-external locus of control, sebagai berikut :

  1. Faktor Usia

Seiring dengan bertambahnya usia yang diharapkan keyakinan internal locus of control dapat berkembang lebih tinggi. Hasil penelitian Penk (1969) dan Crandal (1965) bahwa dalam perkembangan seorang anak, sejalan dengan bertambahnya usia, ia akan bertambah efektif dalam mengaktualisasikan diri dan semakin internal locus of controlnya. Lain halnya dengan individu yang didalam hidupnya lebih berkembang rasa takut berperan penting dapat menghilangkan internal dalam external locus of control.

  1. Pengalaman Dalam Suatu Lembaga

Individu yang khususnya pernah tinggal dalam suatu lembaga seperti panti asuhan, rumah tahanan, lapas, maupun lembaga pengobatan, secara umum mereka akan memiliki kecenderungan external locus of control. Hal ini diakibatkan keyakinan individu dalam lembaga tersebut, peraturan dan sumber-sumber kekuasaan didalamnya yang berperan membentuk kecenderungan lebih external.

  1. Stabilitas Perubahan

Schneider (1971) mengemukakan, bahwa situasi yang sensitive seperti masalah Vietnam, masalah Watergate di USA, masalah nuklir, dapat meningkatkan skor external yang lebih tinggi. Artinya kejadian-kejadian yang terjadi secara besar-besaran dan cenderung sensitive dapat mempengaruhi peningkatan locus of control.

  1. Faktor Latihan dan Pengalaman

Menurut Nowicki dan Barner (1973) dalam meneliti hubungan locus of control dengan kerja, menemukan bahwa latihan dan pengalaman dapat merubah keyakinan internal locus of control.

  1. Faktor Terapi

Efek terapi memberikan pengaruh terhadap perubahan locus of control. Dibuktikan dari beberapa hasil penelitian yang dilakukan para ahli, diantaranya Jefrey (1974) bahwa keberhasilan dalam mengatasi peristiwa-peristiwa mempunyai kecenderungan meningkatkan internal locus of control (Harvey London, 1978:291)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *