Karakteristik Sistem Menurut Para Ahli

Posted on

Setelah mengenal pengertiannya, tentu Anda juga perlu mengetahui karakteristik sistem menurut para ahli yakni, Tata Sutabri, S.Kom.,MM dan Jogiyanto. Berikut ulasannya.

Suatu sistem mempunyai karakteristik. Tata Sutabri, S.Kom.,MM, (2005:11) mengungkapkan bahwa ada beberapa karakteristik sistem, yaitu :

  1. komponen (components) atau subsitem-subsitem komponen sistem (components) atau subsistem-subsistem
  2. Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, artinya saling bekerjasama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem tersebut dapat berupa suatu bentuk subsistem. Setiap subsistem memiliki sifat dari sistem yang menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan. Suatu sistem dapat mempunyai sistem yang lebih besar yang disebut “supra sistem”
  3. Batas sistem (boundary)

Batas sistem (boundary) Ruang lingkup sistem merupakan daerah yang membetasi antara sistem dengan sistem yang lain atau sistem dengan lingkungan luarnya. Batasan sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisah-pisahkan.

  1. Lingkungan luar sistem (environment)

Bentuk apapun yang ada di luar ruang lingkup atau batasan sistem yang mempengaruhi operasi sistem disebut lingkungan luar sistem. Lingkungan luar sistem ini dapat bersifat menguntungkan dan dapat juga bersifat merugikan sistem tersebut. Lingkungan luar yang menguntungkan merupakan energy bagi sistem tersebut. Dengan demikian, lingkungan luar yang merugikan harus dikendalikan. Jika tidak dikendalikan, maka akan mengganggu kelangsungan hidup sistem tersebut.

  1. Penghubung sistem (interface)

Media yang menghubungkan sistem dengan subsistem lain disebut penghubung sistem atau interface. Penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari satu subsistem lain. Bentuk keluaran dari satu subsistem akan menjadi masukan untuk subsistem lain melalui penghubung tersebut. Dengan demikian, dapat terjadi integrasi yang akan satu kesatuan

  1. Masukan sistem (input)

Energi yang dimasukkan ked ala sistem disebut masukan sistem, yang dapat berupa pemeliharaan (maintenance input) dan sinyal (signal input).

  1. Keluaran sistem (output)

Hasil energi yang dioalah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna. Keluaran ini merupakan masukan bagi subsistem yang lain.

  1. Pengolahan sistem (procsess)

suatu sistem dapat mempunyai suatu proses yang akan mengubah masukan menjadi keluaran.

  1. Sasaran sistem (Obejctive)

suatu sistem memiliki tujuan dan sasaran yang pasti dan bersifat deterministic. Jika suatu sistem memiliki sasaran, maka operasi sistem tidak ada gunanya. Suatu sistem dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuan yang telah direncanakan.

Dari beberapa definisi para ahli tersebut. Maka dapat penulis simpulkan bahwa pendekatan sistem adalah kumpulan atau sekelompok objek yang saling berhubungan dan mempunyai tujuan. membentuk suatu kesatuan bekerja, berfungsi dan bergerak harmonis untuk mencapai satu tujuan.

Gambar Karakteristik Sistem

Demikianlah Karakteristik Sistem Menurut Para Ahli Tata Sutabri, S.Kom.,MM dan Jogiyanto. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.