Komponen Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Posted on

Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai komponen sistem informasi menurut beberapa ahli yang bisa dijadikan rujukan untuk bahan bacaan, maupun penelitian Anda.

Sistem informasi  mempunyai enam buah komponen (Tata Sutabri. S. Kom.,MM..(2005:43) ).

  1. komponen input (input block) merupakan data yang masuk ke dalam sistem informasi.
  2. Komponen model (model block) kombinasi prosedur, logika, dan matematika yang memproses data yang tersimpan di basis dengan cara yang sudah di tentukan untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
  3. Komponen output (output block) informasi yang berkualitas dan dokumentasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakai sistem.
  4. Komponen teknologi (technology block) merupakan alat dalam sistem informasi, teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan output dan membantu pengendalian sistem.
  5. Komponen basis data (database block) merupakan kumpulan data yang saling berhubungan yang tersimpan di dalam komputer dengan menggunakan software database.
  6. Komponen kontrol (control block) pengendalian yang dirancang untuk menanggulangi gangguan terhadap sistem informasi.

Keenam komponen tersebut harus ada bersama-sama dan membentuk satu kesatuan (sebagaimana tergambar dalam gambar di bawah ini). Jika satu atau lebih komponen tersebut tidak ada, maka sistem informasi tidak akan dapat melakukan fungsinya, yaitu pengolahan data dan tidak dapat mencapai tujuannya. Yaitu menghasilkan informasi yang relavan, atau tepat waktu akurat.

Menurut Abdul Kadir (2006:7). Menungkapkan bahwa dalam suatu sistem informasi terdapat komponen-komponen seperti :

  1. Perangkat keras (hardware) mencakup peranti-peranti fisik seperti komputer dan printer.
  2. Perangkat lunak (software) atau program : sekumpulan intstruksi yang memungkinkan perangkat keras untuk dapat memproses data.
  3. Prosedur : sekumpulan aturan yang dipakai untuk mewujudkan pemprosesan data dan pembangkitan keluaran yang dikehendaki.
  4. Orang : semua pihak yang bertanggung jawab dalam pengembangan sistem informasi, pemprosesan dan penggunaan keluaran sistem informasi.
  5. Basis data (database) : sekumpulan tabel, hubungan dan lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan data.
  6. Jaringan computer dan komunikasi data : sistem penghubung yang memungkinan sesumber (resources) dipakai secara bersama atau diakses oleh sejumlah pemakai

Menurut Tata Sutabri, S.Kom.,MM. (2005:43), sumber informasi untuk pengambilan keputusan manajemen bisa didapat dari informasi internal dan informasi eksternal. Informasi internal dapat diperoleh dari sistem informasi yang berupa hasil Pengolaan Data ElektroniK (PDE). SIM merupakan suatu sistem yang melakukan fungsi-fungsi untuk menyediakan semua informasi yang mempengaruhi semua operasi organisasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *