Komponen Teknologi Informasi Menurut Jogiyanto

Posted on

Jogiyanto (2005:52) mengungkapkan bahwa: “komponen teknologi informasi dapat dikelompokkan kedalam dua macam kategori, yaitu teknologi sistem informasi komputer ( perangkat keras dan perangkat lunak) teknologi telekomunikasi”.

Nah, berikut beberapa komponen tersebut:

  • Teknologi Berbasis Komputer

Istilah computer diambil dari bahasa latin “computer” yang berarti menghitung. Dalam bahasa Italia , komputer ialah “calculatore”, yang berarti pentortiran.

Kata komputer semula digunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu. Pada awalnya pengolahan informasi dihubungkan dengan masalah aritmatika, tetapi computer modern digunakan untuk bannya tugas yang tidak berhubungan dengan aritmatika, karena itu kemudian kata Komputer lebih diarahkan pada mesin itu sendiri.

Istilah komputer dalam arti luas adalah suatu pemroses informasi atau sistem pengolahan informasi .

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa computer adalah

  • Sistem elektronik
  • Menyimpan data input
  • Memproses data
  • Menghasilkan data ouput
  • Proses cepat
  • Mempunyai program yang tersimpan di memori
  • Dapat memecahkan masalah dengan matematika

Ketiga elemen pendukung sistem komputer tersebut harus dijalankan bersama-sama membentuk suatu kesatuan karena sering berhubungan satu sama lain. Tanpa adanya software, hardware tidak dapat berfungsi dan hanya berupa benda mati saja. Software tanpa hardware merupakan kode-kode komputer saja dan tidak dapat menggerakan hardware. Hardware yang sudah didukung oleh software pun tidka akan berfugsi jika tidak ada manusia sebagai brainware yang mengoperasikannya.

Jogiyanto (2005:127)  pun berpendapat seperti diatas bahwa : Komputer sebagai suatu sistem, terdiri dari subsitem-subsitem yang saling berhubungan sehingga dapat memiliki satu tujuan dalam melaksanakan tugas yang diberikan. subsitem-subsitem yang dimaksud antara lain adalah seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini yaitu hardware (perangkat keras), software( perangkat lunak), brainware (manusia sebagai perangkat akal), prosedur dan sumber daya.

Dari berbagai pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa teknologi sistem komputer adalah teknologi yang dapat memproses, menyimpan dan menghasilkan data yang tersusun dari berbagai subsistem-subsistem seperti hardware, software, brainware yang saling berhubungan, bergerak harmonis dan membentuk satu kesatuan untuk mencapai tujuan.

  • Teknologi Telekomunikasi/Komunikasi

Teknologi komunikasi atau biasa disebut juga teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dnegan komunikasi jarak jauh. Di dalam sistem telekomunikasi, istilah jaringan kerja (network) digunakan bila paling sedikit ada dua atau lebih alat-alat dihubungkan satu sama lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *