Pengertian Beban Kerja Menurut Definisi Para Ahli

Posted on

Pengertian beban sering ditafsirkan sebagai suatu hal yang memberatkan atau yang menekan bagi kehidupan seseorang. Pengertian beban itu sendiri dalam kamus umum bahasa Indonesia adalah barang yang berat yang di bawa (dipikul) atau dijunjung dan sebagainya.

Beberapa pengertian tentang beban kerja yang dikemukakan beberapa ahli diantaranya adalah :

Gibson dan Ivancevich (1993:163), menjelaskan sebagai berikut :

“Tekanan sebagai tanggapan  yang tidak dapat  menyesuaikan diri,  yang dipengaruhi oleh perbedaan individual atau proses psikologis, yakni suatu konsekuensi dari setiap tindakan ekstern (lingkungan, situasi, peristiwa yang terlalu banyak mengadakan tuntutan psikologi atau fisik) terhadap seseorang”

Menurut Ghoper dan Donchin (1986), menyatakan bahwa beban kerja terdiri dari perbedaan antara kapasitas sistem pemroses informasi yang dibutuhkan untuk mengerjakan tugas sesuai dengan harapan (performans harapan) dan kapasitas yang tersedia pada saat itu (performans aktual).

Sedangkan Knowles (1990) mengatakan : “Jika seseorang pekerja mampu menyelesaikan tugas tambahan pada saat yang sama mampu mempertahankan performans pada tugas pokok, maka berarti bahwa beban kerja itu sebenarnya masih ringan atau paling tidak sedang. Sebaliknya seorang pekerja tidak mampu menyelesaikan tugas tambahan sedangkan pada saat yang sama tetap mampu mempertahankan performans pada tugas pokok, berarti bahwa beban kerja tugas pokok ini berat dibandingkan dengan beban kerja tugas pokok yang pertama”

Dari beberapa pengertian beban kerja diatas maka dapat disimpulkan bahwa beban kerja adalah merupakan tuntutan psikologis atau fisik yang mengenai seseorang. Jika seseorang mampu menyesuaikan diri terhadap tuntutan tersebut maka hal ini tidak menjadi suatu beban kerjanya, akan tetapi usaha untuk menyesuaikan dirinya tidak berhasil maka hal ini akan menjadi suatu beban kerja.

Beban kerja sering ditafsirkan sebagai suatu hal yang memberatkan atau menekan dalam bekerja. Beban memiliki arti kiasan yaitu sesuatu yang sukar dilakukan dari pekerjaan yang menjadi tugas. Beban biasanya identik dengan tekanan atau penekan sehingga beban kerja sama halnya dengan suatu tekanan yang timbul pada seseorang dalam melakukan pekerjaannya.

Beban kerja adalah sesuatu yang diluar kemampuan pekerja untuk melakukan pekerjaannya. Selain itu beban kerja merupakan kondisi pekerjaan yang dirasakan oleh pekerja yang berkaitan dengan faktor beban kerja secara fisik dan psikis.

Pegawai sebagai seorang individu menyikapi beban kerja yang dirasakan berbeda-beda hal ini berkaitan dengan adanya pemahaman, penghayatan, pengalaman serta kemampuan tiap individu yang berbeda tentang beban kerja. Hal ini juga berkaitan dengan cara pegawai didalam memberikan penilaian terhadap isi atau tuntutan kerja yang diberikan atasan terhadap pekerjaan itu sendiri, sehingga akan menimbulkan rasa senang atau tidak senang, puas atau tidak puas bagi pegawai dalam bekerja.

Untuk melihat beban kerja yang dimaksud dalam penelitian ini, dapat diketahui dari beban kerja sebagai faktor situasional yang terdiri dari lingkungan fisik dan lingkungan psikis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.