Pengertian dan Definisi Motivasi Menurut Para Ahli

Posted on

Motivasi berasal dari kata move yang artinya bergerak. Salah satu unsur dari motivasi itu adalah motif atau alasan atau bisa juga merupakan sesuatu yang memotivasi. Motivasi sendiri bisa dikelompokkan menjadi motivasi internal dan motivasi eksternal. Bila motivasi eksternal merupakan motivasi yang berasal dari luar diri dan motivasi internal adalah motivasi yang berasal dari dalam diri.

Berdasarkan teori hierarki kebutuhan Abraham Maslow, teori X dan Y Douglas McGregor dan teori kebutuhan McClelland, arti motivasi adalah alasan yang mendasari sebuah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang. Seseorang dikatakan memiliki motivasi tinggi berarti orang tersebut memiliki alasan yang sangat kuat untuk mencapai apa yang diinginkannya.

Menurut Steers dan Porter (1979 : 6), mengemukakan bahwa secara umum motivasi melibatkan tiga komponen utama, yaitu :

  1. Pemberi daya pada perilaku manusia (energizing)

Menunjukkan bahwa ada kekuatan atau dorongan yang muncul dalam diri individu yang menggerakkan orang tersebut untuk berperilaku dalam cara-cara tertentu. Konsep ini bertitik tolak dari kekuatan individual atau dari kekuatan lingkungan yang sering menggerakkan dorongan tersebut.

  1. Pemberi arah pada perilaku manusia (directing)

Menunjukkan bahwa tingkah laku individu diarahkan pada suatu tujuan.

  1. Bagaimana perilaku di pertahankan (sustaining)

Menjukkan bahwa motivasi mengandung suatu orientasi, yaitu bahwa kekuatan-kekuatan yang ada dalam diri individu dan lingkungan memberi umpan balik pada individu, juga memperkuat intensitas dorongan dan arah energinya atau meminta agar melakukan tindakan tertentu dan mengalihkan usahanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *