Pengertian Gaya Hidup Menurut Definisi Para Ahli

Posted on

Gaya Hidup adalah cara hidup yang diidentifikasi melalui aktivitas seseorang, minat, dan pendapat seseorang. Orang yang berasal dari subkultur, kelas sosial dan pekerjaan yang sama dapat mempunyai gaya hidup yang berbeda. Gaya hidup seseorang menunjukan pola kehidupan orang yang bersangkutan tercermin dalam kegiatan, minat, dan pendapatnya (Hair dan Mc Daniel ; 2001).

Lingkungan adalah bagian penting yang mendasari kehidupan manusia.Dari lingkungan inilah sifat dan perilaku manusia terbentuk dengan sendirinya. Lingkungan yang baik akan membentuk pribadi yang baik, sementara lingkungan yang buruk akan membentuk sifat dan perilaku yang buruk pula. Dimensi lingkungan bisa dibedakan menjadi tiga kelompok yakni lingkungan fisik, lingkungan sosial dan lingkungan kultural. Ketiga dimensi ini sangat memberikan pengaruh yang besar terhadap perilaku manusia. Dalam lingkungan inilah individu saling berinteraksi satu sama lain yang berperan dalam perubahan tingkah laku.

Dalam pandangan behaviorisme, tingkah laku adalah hasil dari proses belajar akibat dari interaksi. Proses belajar tersebut merupakan bentuk perubahan yang dialami dalam hal kemampuan untuk bertingkah laku. Manusia akan berinteraksi dan berusaha untuk bertahan dalam lingkungan dimana dia berada. Dengan kata lain lingkungan berperan dalam mengubah dan membentuk perilaku manusia. Pembentukan perilaku tersebut terjadi karena adanya interaksi seseorang melalui aktivitas, minat, dan pendapat yang ada di dalam lingkungannya sehingga menjadi sebuah gaya hidup.

Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) gaya hidup adalah pola tingkah laku sehari-hari segolongan manusia di dalam masyarakat. Gaya hidup menunjukkan bagaimana orang mengatur kehidupan pribadinya, kehidupan masyarakat, perilaku di depan umum, dan upaya membedakan statusnya dari orang lain melalui lambang-lambang sosial.

Gaya hidup atau life style dapat diartikan juga sebagai segala sesuatu yang memiliki karakteristik, kekhususan, dan tata cara dalam kehidupan suatu masyarakat tertentu. Sehingga banyak gaya hidup berkembang seperti gaya hidup hedonis, gaya hidup metropolis, gaya hidup casual, gaya hidup underground, gaya hidup punk, gaya hidup straight edge, dan semacamnya dalam berbagai kelompok tertentu.

Life style atau gaya hidup secara umum dapat diartikan sebagai suatu gaya hidup yang dikenali dengan bagaimana orang menghabiskan waktunya (aktivitas), apa yang penting orang pertimbangkan pada lingkungan (minat), dan apa yang orang pikirkan tentang diri sendiri dan dunia di sekitar (opini). Sedangkan menurut Suratno dan Rismiati (2001) adalah pola hidup seseorang dalam dunia kehidupan sehari-hari yang dinyatakan dalam kegiatan, minat dan pendapat yang bersangkutan. Gaya hidup mencerminkan keseluruhan pribadi yang berinteraksi dengan lingkungan.

Menurut Pialang, gaya hidup merupakan kombinasi dan totalitas cara, tata, kebiasaan, pilihan, serta objek-objek yang mendukungnya, dalam pelaksanaannya dilandasi oleh sistem nilai atau sistem kepercayaan tertentu.

Sedangkan menurut Kasali gaya hidup mencerminkan bagaimana seseorang menghabiskan waktu dan uangnya yang dinyatakan dalam aktivitas-aktivitas, minat dan opini-opininya. Sehingga gaya hidup dapat dipahami sebagai  sebuah karakteristik seseorang secara kasatmata, yang menandai sistem nilai, serta sikap terhadap diri sendiri dan lingkungannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *