Pengertian Kompensasi Kerja Menurut Definisi Para Ahli

Posted on

Kompensasi kerja merupakan salah satu fungsi yang paling penting dalam manajemen sumber daya manusia. Kompensasi kerja membantu dalam memberikan penguatan bagi nilai-nilai kunci organisasi serta memfasilitasi pencapaian tujuan organisasi. Suatu organisasi, lebih-lebih yang berupa “Profit Making”, suatu pengaturan kompensasi kerja merupakan faktor yang penting untuk dapat menarik, memelihara, maupun mempertahankan tenaga kerja bagi kepentingan organisasi yang bersangkutan.

Pengertian Kompensasi Kerja Menurut Definisi Para Ahli

Kompensasi kerja merupakan bentuk penghargaan atau reward. Dengan memberikan penghargaan atas hasil yang telah dicapai, kebijakan dan praktek organisasi dalam hal kompensasi dapat pula memberi penguatan perilaku karyawan yang telah memberikan kontribusi positif bagi organisasi. Agar pengertian kompensasi kerja ini jelas, maka penulis akan menjelaskan defnisi menurut para ahli, diantaranya :

Menurut Effendi Hariadja (2005:244)

“ Kompensasi kerja adalah keseluruhan balas jasa yang diterima oleh pegawai  sebagai akibat dari pelaksanaan pekerjaan di organisasi dalam bentuk uang atau lainnya, yang dapat berupa gaji, upah, bonus, insentif, dan tunjangan lainnya seperti tunjangan hari raya, uang makan, uang cuti, dan lain-lain”.

Menurut Hasibuan (2012 : 118)

“Kompensasi adalah semua pendapatan yang berbentuk uang, barang langsung atau tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan atas jasa yang diberikan kepada perusahaan”

Menurut Mondy (1990: 47) adalah sebagai berikut :

“ Kompensasi kerja adalah bentuk imbalan yang diterima seseorang sebagai balasan atas kontribusinya terhadap organisasi “.

Dari beberapa definisi di atas dapat diambil kesimpulan bahwa kompensasi  kerja  meliputi penghargaan langsung maupun tidak langsung yang adil kepada karyawan, sebagai balasan atas kontribusi mereka terhadap pencapaian tujuan organisasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *