Pengertian Posttraumatic Growth (PTG) Menurut Definisi Para Ahli

Posted on

Posttraumatic Growth (PTG) adalah pengalaman berupa perubahan positif yang terjadi sebagai hasil dari perjuangan seseorang dalam menghadapi tantangan krisis kehidupan yang tinggi. Setelah beberapa dekade orang-orang melihat reaksi negatif yang dihasilkan dari sebuah kejadian traumatik. Tedeschi dan Calhoun (dalam Schmidt, 2008) membuka sebuah area penelitian baru yang melihat reaksi positif yang dihasilkan dari suatu kejadian traumatik yang kemudian dikenal dengan istilah Posttraumatic Growth (PTG). Konstruk ini menuju pada perubahan besar yang terjadi pada persepsi seseorang tentang kehidupannya setelah orang tersebut berjuang menghadapi krisis yang terjadi. Individu ini tidak hanya sekedar kembali pada keadaannya sebelumnya, tetapi menggunakan trauma sebagai “sebuah kesempatan untuk perkembangan diri selanjutnya” (Zoellner & Maercker, dalam Schmidt, 2008).

Menurut Tedeschi & Calhoun :

Posttraumatic Growth (PTG) is the experience of positive change that occurs as a result of the struggle with highly challenging life crises (dalam Tedeschi & Calhoun, 2004)

PTG memiliki dua pengertian penting. Pertama, Tedeschi & Calhoun menyatakan bahwa PTG dapat terjadi saat seseorang mengalami kejadian yang sangat tidak diinginkan atau tidak menyenangkan. Tingkat stress yang rendah dan proses perkembangan yang normal tidak berhubungan dengan timbulnya PTG. Kedua, perubahan positif hanya akan terjadi setelah seseorang melakukan perjuangan. Perjuangan ini merujuk pada penerimaan masa lalu dan masa depannya dalam kehidupan yang terjadi segera setelah mengalami trauma yang berat (Bellizzi & Blank dan Tedeschi & Calhoun, dalam Schmidt, 2008).

Istilah PTG lebih menangkap inti dari suatu fenomena yang terjadi dibandingkan istilah lain, karena (1) PTG terjadi secara khusus pada beberapa kejadian yang stressful dibandingkan pada kejadian dengan level stress yang rendah, (2) PTG disertai dengan transformasi perubahan kehidupan, (3) PTG merupakan hasil dari pengalaman traumatik, dan (4) PTG merupakan perkembangan atau kemajuan dari kehidupan seseorang (Linley & Joseph, 2004).

Istilah lain yang terkait dengan fenomena PTG antara lain stern conversion, positive psychological changes, perceived benefits atau construing benefits, stress related-growth discovery of meaning, positive emotions, flourishing dan thriving (Linley & Joseph, 2004).

PTG digambarkan sebagai pengalaman individu yang berkembang setelah mengalami kejadian traumatik, setidaknya pada beberapa area. Individu tersebut tidak hanya survive tetapi juga memiliki perubahan dari keadaan sebelumnya. PTG tidak hanya kembali pada keadaan semula (normal), tetapi juga merupakan sebuah perbaikan kehidupan yang pada beberapa orang terjadi dengan sangat luar biasa (Tedeschi & Calhoun, 2004).

PTG bukan merupakan hasil langsung yang terjadi setelah pengalaman traumatik. PTG merupakan perjuangan individu dalam menghadapi realita baru setelah mengalami kejadian traumatik. Calhoun & Tedeschi (1998) menggunakan istilah gempa bumi (earthquake) untuk menjelaskan PTG. Kejadian psikologis yang “mengguncang” dapat membuat seseorang menganggap bahwa kejadian tersebut merupakan suatu tantangan yang berat, melakukan penyangkalan, atau mungkin kehilangan kemampuan untuk memahami apa yang terjadi, penyebab dan alasan kejadian tersebut terjadi, dan dugaan abstrak seperti apa tujuan dari kehidupan manusia (Tedeschi & Calhoun, 2004).

Setelah mengalami kejadian yang “mengguncang” seseorang akan membangun kembali proses kognitifnya. Hal ini dapat diibaratkan dengan membangun kembali bangunan fisik yang telah hancur setelah terjadi gempa bumi. Struktur fisik dirancang agar seseorang dapat lebih bertahan atau melawan kejadian traumatik di masa depan, yang merupakan hasil pelajaran dari gempa bumi sebelumnya mengenai apa yang dapat bertahan dari guncangan dan apa yang tidak. Ini merupakan hasil dari sebuah kejadian yang dapat menimbulkan PTG (Tedeschi & Calhoun, 2004).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.