Pengertian Sistem Informasi Menurut Definisi Para Ahli

Posted on

Pengertian sistem informasi menurut definisi para ahli adalah suatu sistem yang menyediakan informasi untuk manajemen  dalam mengambil keputusan dan juga untuk menjalankan operasional perusahaan, di mana sistem tersebut merupakan kombinasi dari orang-orang, teknologi informasi dan prosedur-prosedur yang tergorganisasi. Biasanya suatu perusahan atau badan usaha menyediakan semacam informasi yang berguna bagi manajemen..

Definisi sistem informasi menurut Laudon dalam Azhar Susanto (2008:52) mengatakan bahwa: “sistem informasi merupakan komponen – komponen yang saling berhubungan dan bekerjasama untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi untuk mendukung proses pengambilan keputusan, koordinasi, dan pengendalian.”

Susanto (2004:54) memaparkan bahwa “sistem informasi kumpulan dari sub sistem fisik maupun fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai suatu tujuan yaitu mengolah data menajdi informasi yang berguna”. Sastradipoera (2001:30) berpendapat bahwa “sistem informasi adalah seperangkat prosedur yang terorganisasi dengan sistematik yang jika dilaksanakan akan menyediakan informasi yang simanfaatkan dalam proses pembuatan keputusan dan proses pengawasan.

Tata Sutabri (2005:42) mendefinisikan sistem informasi sebagai “Sistem Informasi adalah suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemuan kebutuhan pengelolaan transaksi harian, menukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.Tugas dari sistem informasi adalah untuk melakukan siklus pengolahan data. Untuk melakukan siklus ini , maka sebagai suatu sistem diperlukan komponen-komponen tertentu.

Telah diketahui data perlu diolah untuk dijadikan informasi yang berguna lewat suatu siklus. Menurut Jogiyanto (2005:40) Siklus ini disebut dengan siklus pengolahan data atau disebut dengan nama siklus informasi :

Nah, demikian beberapa pengertian sistem informasi menurut definisi para ahli. Dengan adanya gambar diatas, semoga bisa memudahkan kawan-kawan untuk memahaminya lebih mudah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *