Pengertian Sistem Menurut Definisi Para Ahli

Posted on

Pengertian sistem menurut definisi para ahli adalah sebagai sesuatu yang diciptakan untuk menjalankan sesuatu hal yang rutin dijalankan. Sistem merupakan kumpulan dari bagian-bagian sistem yang lebih kecil yang disebut subsistem. Dan subsistem itu sendiri merupakan unsur-unsur yang dirangkaikan menjadi struktur sistem.

Menurut McLeod dan Schell (2008:27) sistem adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan menurut Jogiyanto (2005 :34) mendefinisikan “sistem dengan pendekatan prosedur sebagai kumpulan dari prosedur-prosedur yang mempunyai tujuan tertentu. Sedangkan definisi sistem dengan pendekatan komponen yang saling berhubungan satu sama lainnya membentuk satu kesatuan untuk mencapai tujuan tertentu.

Sementara itu menurut Gordon B. Davis (Moekjijat 2005:3) bahwa sistem adalah “system can abstract or physical. An abstrack system is anorderly arrangement of interdependent ideas or constructr. For example, a system of theology is an oderly arrangement of ideas about god, man, etc. a physical system is a set ofelements which operate together to accomplishan objective. ( Sistem dapat abstrak atau fisik. Sistem yang abstrak adalah susunan yang teratur dari gagasan-gagasan Tuhan, manusia dan sebagainya. Sistem yang bersifat fisik adalah serangkaian unsur yang bekerja sama untuk mencapai satu tujuan)”.

Secara sederhana, suatu sistem dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen atua variable yang terorganisir, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain dan terpadu. Atau suatu sistem dapat didefinisikan yang berinteraksi untuk mencapai tujuan (Tata Sutabri, S.Kom.,MM,2005:2)

Sementara dalam bukunya Tata Sutabri, S.Kom.,MM, (2005:8) mendefinisikan sistem secara umum , yaitu sebagai berikut :

  1. Setiap sistem terdiri dari unsur-unsur. Unsur-unsur suatu sistem terdiri dari subsistem yang lebih kecil. Yang terdiri pula dari kelompok unsur yang membentuk subsistem tersebut.
  2. Unsur-unsur tersebut merupakan bagian terpadu sistem yang bersangkutan. Unsur-unsur sistem berhubungan erat satu dengan yang lain dan sifat serta kerja sama antara unsur sistem tersebut mempunyai bentuk tertentu.
  3. Unsur sistem tersebut bekerjasama untuk mencapai tujuan sistem. Setiap sistem mempunyai tujuan tertentu.
  4. Suatu sistem merupakan bagian dari sistem lain yang lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *