Sejarah Komunitas Vespa Antique Club (VAC) di Indonesia

Posted on

Sejarah Komunitas Vespa Antique Club (VAC) di Indonesia berawal dengan dilatarbelakangi kecintaan dan kesamaan hobi berkendaraan Vespa serta untuk lebih mempererat tali silaturahmi sesama pemilik dan penggemar, pada tanggal 28 Oktober 1993 di Jalan Jamika kota Bandung berdirilah komunitas VAC (Vespa Antique Club). Diprakarsai oleh Drs. Solehudin (001), Drs. Acep Rahmat, SH (002), Dodo Suhendar (004), Franky Rahmat (007) secara resmi mendaklarasikan Vespa Antique Club yang bertujuan guna menjadi wahana silaturahmi, komunikasi dan menyalurkan hobi wisata berkendaraan para pemilik/pemakai/penggemar roda dua jenis Vespa yang berazaskan kekeluargaan. Kata Antique itu sendiri, adalah merupakan kalimat yang sering kali didengar para pendiri sebagai ungkapan spontan masyarakat ketika melihat dan memperhatikan skuter Vespa pada saat itu.

Lambang komunitas Vespa Antique Club, adalah berupa Perisai Bulat yang ditengahnya terdapat gambar Vespa, dengan latar warna hijau, putih dan merah, yang disekeliling dari kiri ke kanan bertuliskan VESPA ANTIQUE CLUB dan diatasnya bertuliskan kedudukan daerah organisasi tingkat Cabang dan paling atas bertuliskan Indonesia. Warna dasar lambang memiliki arti bahwa komunitas VAC bertanggung jawab terhadap terciptanya kedamaian, terpeliharanya kesucian dan berani menghadapi tantangan dalam memperjuangkan kebenaran.

Vespa Antique Club juga memiliki maskot berupa gambar abstrak serangga jenis Tawon/Lebah, adalah menggambarkan bahwa komunitas VAC memiliki kultur budaya identik dengan sifat dan perilaku Tawon (lebah), di mana kesatuan dan persatuan dalam tekad, sikap dan langkah membangun dan memperkokoh komunitas dari suatu kesamaan hobi, kebersamaan dan kegotong-royongan yang berdasar atas prinsip kekeluargaan. Peka dan peduli terhadap terhadap permasalahan ang terjadi di sekitar. Bermanfaat dan berguna tidak saja untuk dirinya dan komunitasnya, tetapi juga untuk orang lain dan lingkungan sekitarnya. Berdedikasi dan berloyalitas terhadap tegaknya kehormatan organisasi. Konsisten menjalakan tugas kerja dan kewenangan yang diamanahkan oleh organisasi, serta menjunjung tinggi ketentuan danĀ  peraturan yang berlaku.

Berdirinya VAC (Vespa Antique Club) didirikan bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda, tentunya semangat Sumpah Pemuda akan senantiasa mewarnai kiprah VAC dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Semangat kesatuan dan persatuan dalam sikap, tekad dan gerak dalam memperkokoh komunitas, serta semangat kebersamaan dan kegotong royongan yang berdasar atas prinsip kekeluargaan, yang selalu menjadi semangat komunitas ini untuk terus berkarya dan berkegiatan secara positif yang telah menjadi visi dari VAC Indonesia.

Nilai nilai perjuangan Sumpah Pemuda yang diikrarkan para pemuda dahulu, akan senantiasa dijadikan titik tolak dalam meletakan landasan dan arah kebijakan organisasi VAC Indonesia, serta menjadi kultur budaya yang melekat dijiwa insan VAC Indonesia, VAC memiliki misi sebagai organisasi hobi yang memiliki semangat perjuangan dalam memelihara kesatuan dan persatuan, konsisten dalam memelihara nilai-nilai perjuangan dan budaya bangsa, kepedulian sosial dan kemasyarakatan, kecintaan terpeliharanya bersih lingkungan, ketertiban dan kedisiplinan dalam berlalulintas.

Vespa Antique Club merupakan wadah perkumpulan para pemilik roda dua jenis Vespa yang memliki katagori nilai Antique, baik tahun pembuatan, modifikasi maupun aksesoris pada kendaraan Vespa tersebut. Dideklarasikannya organisasi Vespa Antique Club (VAC) oleh para pendiri 20 Tahun yang lalu, berawal dari satu kesamaan hobi berotomotif Vespa, berwisata bersama, bersilaturahmi serta saling bertukar pikiran berkaitan dengan kendaraan Vespa yang dimiliki Vespa Antique Club (VAC).

Perjalanan Vespa Antique Club (VAC) dari tahun ke tahun yang terus mengalami perkembangan, keanggotaan yang terus mengalami peningkatan, sehingga diperlukan penyesuaian dalam penyelenggaraan program internal organisasi maupun berbagai kegiatan partisipatif dalam rangka mendukung program Pemerintah Daerah. Sehingga pada tanggal 7-8 April tahun 2007 komunitas VAC Indonesia mengadakan Musyawarah Luar Biasa yang diadakan di kota Bandung. Musyawarah Anggota Luar Biasa yang diikutiĀ  seluruh perwakilan tingkat organisasi VAC se-Indonesia, telah menjadi momentum konsolidasi seluruh insan anggota VAC dalam menyatukan Tekad, Sikap, Gerak dan Langkah menuju terwujudnya eksistensi organisasi Bermanfaat dan Mandiri.

Melalui musyawarah sidang paripurna tingkat organisasi VAC se Indonesia, secara Demokrasi, berazaskan kekeluargaan dan kegotong-royongan, dengan dijiwai rasa silih asah, silih asih dan silih asuh serta menjunjung tinggi nilai kesatuan dan persatuan, maka telah dihasilkan ketetapan-ketetapan sebagai berikut :

  1. Ketetapan Perubahan Anggaran Dasar (AD), Anggaran Rumah Tangga (ART) dan Peraturan Organisasi (PO) sebagai landasan hukum (konstitusi) VAC Indonesia.
  2. Ketetapan Program Umum VAC Indonesia, sebagai arah Pembinaan dan Pengembangan organisasi ke depan.
  3. Ketetapan pembentukan organisasi tingkat pusat serta Pengesahan kepengurusan tingkat pusat sebagai penyelenggaraan dan penanggung jawab tertinggi organisasi Vespa Antique Club.

Dengan ditetapkannya konstitusi VAC Indonesia sebagai landasan hukum serta Program Umum VAC Indonesia sebagai pedoman dalam menyusun arah pembinaan dan pengembangan organisasi ke depan, maka seluruh insane anggota VAC Indonesia memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengamankan dan mensukseskan tercapainya maksud dan tujuan yang diamanahkan MUSLUB VAC INDONESIA 2007, serta memilliki kewajiban untuk mentaati segala ketentuan-ketentuan yang berlaku.

Program Umum VAC Indonesia merupakan kerangka acuan dan titik tolak dalam menyusun arah pembinaan dan pengembangan dalam menyelenggarakan organisasi secara utuh dan berkesinambungan, terarah dan terkoordinasi disetiap tingkat organisasi VAC Indonesia, agar tetap berada dalam kerangka satu kesatuan dan satu persatuan menuju terwujudnya eksistensi organisasi VAC Indonesia Mantap, Bermanfaat dan Mandiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *