Tujuan, Prinsip, Fungsi, dan Keuntungan Teknologi Informasi

Posted on

Tujuan dari teknologi yaitu memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektivitas dan  efisiensi.

Prinsip teknologi informasi yaitu High-Tech-High Touch. Sedangkan untuk fungsi teknologi  informasi adalah sebagai berikut :

  1. Menangkap (Capture)
  2. Mengolah (Processing)
  3. Menghasilkan (Generating)
  4. Menyimpan (Storange)
  5. Mencari Kembali (Retrieval)
  6. Melakukan transmisi (Transmission)

Keuntungan teknologi informasi yaitu, speed, consistency, precision, reability. Teknologi informasi dalam berbagai bidang seperti akuntansi, keuangan (finance), marketing, alat Negara termasuk kepolisian.

Alat Teknologi Informasi Komputer

Menurut Sanders (Hartanto, 2002:1) mendefinisikan bahwa : “Komputer adalah sistem elektronik untuk memanupulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya tepat secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori ( stoted program)”.

Hamacher dan Vrasenic (Hartono, 2002:2) mengungkapkan bahwa “ Komputer adalah mesin penghitung cepat dan dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya dan menghasilakn informasi”.

Dalam buku Hartanto (2002:2) yang ditulis oleh Hartanto mengatakan “ Komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk aritmatika atau operasi logika tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan salama pemrosesan”.

Pengertian Komputer lebih spesifik Komarudin Sastradipoera (2001:64) menjelaskan bahwa : “ Komputer adalah suatu satuan perangkat elektronik yang mempunya kemampuan dan kecepatan yang mendekati cahaya dalam melaksanakan kalkulasi. Memulih, membandingkan dan memproses data dengan angka-angka dan huruf-huruf yang dengan otomatis dapat memecahkan masalah dengan cara matematika”

Agar komputer dapat digunakan untuk mengolah data , maka harus berbentuk sistem komputer (Komputer Sistem). Sistem komputer adalah sekelompok elemen-elemen yang saling berhubungan dan bekerja dengan cepat untuk memproses data dalam suatu program tersimpan pada memori sehingga menghasilkan informasi.

Tujuan utama dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi. Agar tujuan tersebut dapat dilakukan , maka komputer harus memiliki elemen-elemen yang mendukungnya. Adapun elemen-elemen komputer  itu terdiri dari perangkat keras (hardware). Perangkat lunak (software) dan manusia sebagai pengguna/ user yang terlibar dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer (brainware).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.