100 Laptop dari XL Axiata Untuk Belasan Pesantren

Kembangkan Desa Digital, XL Axiata Donasikan 100 laptop ke Belasan Pesantren  - Banjarmasin Post

XL Axiata selaku Kartu kuota Keluarga yang banyak digunakan masyarakat Indonesia kini membantu 12 pondok pesantren di sejumlah daerah dengan menyumbangkan 100 laptop guna membangun desa digital. Program ini sudah diinisiasikan sejak tahun 2020 lalu yang merupakan bagian dari pengembangan Desa Digital.

Perusahaan yang digadang – gadang sebagai Kartu Keluarga ini menilai bahwa pondok pesantren merupakan suatu komunitas dengan potensi yang dapat menggerakkan ekonomi – ekonomi di pedesaan. Maka dari it, XL Axiata selaku Kartu Keluarga membuat dan mewujudkan program Desa Digital ini.

Bukan hanya laptop, namun XL Axiata pun tak tanggung tanggung sekaligus memberikan sarana dan akses internet nya juga. Dengan adanya program ini, Kartu Keluarga XL Axiata ini berharap agar para santri bisa meningkatkan literasi digitalnya sehingga lebih jauh lagi para santri yang telah dibekali ilmu dapat membimbing dan mendorong masyarakat di pedesaan untuk bisa berpartisipasi memanfaatkan sarana digital yang semakin berkembang dengan produktif.

Mohammad Mahfud MD selaku Mentri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Republik Indonesia pun turun hadir meskipun secara daring. Dalam acara serah terima donasi yang dilaksanakan kemarin Selasa (4/5/2021).

“Salah satu focus pemberdayaan masyarakat yang digagas XL Axiata adalah untuk mendigitalkan masyarakat Indonesia” ucap Dian Siswa Rini selaku Presiden Direktur dan juga CEO XL Axiata ini pada hari Rabu (5/5/2021) kemarin.

Sudah banyak yang XL Axiata implementasikan mengenai program – program yang terkasit dengan visi tersebut seperti program Sisternet, program Laut Nusantara, dan juga program Gerakan Donasi Kuota. Program – program tersebut yang berkaitan dengan literasi digital sudah dilaksanakan oleh XL Axiata sejak 2019 lalu dengan berbagai kalangan masyarakat sebagai sasarannya.

Lebih lanjut, Dian Siswa Rini mengatakan, “Saat ini XL Axiata menargetkan kalangan pondok pesantren untuk menerima program peningkatan literasi digital agar bisa menjadi penggerak ekonomi digital di pedasaan. Dengan hadir nya pendigital – an di pesantren ini, XL Axiata berharap akan tumbuh generasi – generasi baru di pedesaan yang lebih siap dan mampu menghadapi tantangan kedepan” ucapnya.

Dian pun menambahkan bahwa pergerakan zaman yang semakin modern merupakan suatu fenomena yang tidak bisa dihindari, tidak bisa di lawan ataupun dihentikan. Karena zaman terus berkembang dan berkembang, sampai saat ini ada di tahap zaman yang semua nya serba digital. Dengan adanya pergerakan tersebut mau tidak mau masyarakat pun perlu penyesuaian sehingga tidak terlindas dengan heboh nya kemajuan zaman. “Agar kita tidak terlindas (kemajuan zaman), maka yang bisa di lakukan adalah dengan menyesuaikan diri dan memanfaatkan apa yang sedang terjadi (kemajuan zaman ini) agar membawa kebaikan bagi kita” ucap Dian.

Dian pun menjelaskan lebih lanjut bahwa, “Donasi berupa laptop dan sarana internet dari XL Axiata yang di salurkan ke berbagai komunitas di masyarakat desa merupakan sebagai bagian  dari keseriusan kami (XL Axiata) dalam ikut serta menyiapkan masyarakat desa memasuki era digital”. XL Axiata tidak sendiri saat melakukan program donasi ini, tetapi XL Axiata juga bekerjasama dengan Benihbaik.com. Tak tanggung – tanggung, bukan hanya laptop dan akses internet yang diberikan XL Axiata kepada pondok pesantren. Bahkan, XL Axiata pun memberikan program lanjutan yaitu berupa pelatihan beberapa keahlian pada era digital seperti cara memanfaatkan media sosial untuk promosi, fotografi dan membuat konten digital yang menarik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *