4 Manfaat Mengonsumsi Ikan Laut Untuk Kesehatan

Setiap orang tentunya ingin memiliki tubuh yang sehat. Karena dengan tubuh yang sehat, anda bisa beraktivitas dan menikmati hidup ini tanpa ada hambatan. Sehingga untuk mendapatkan kesehatan tersebut, orang-orang rela melakukan apa saja supaya tubuhnya tetap sehat. Dan salah satu cara untuk mendapatkan tubuh yang sehat adalah dengan mengonsumsi ikan laut. Lalu apa saja manfaat ikan laut untuk kesehatan? Maka dari itu, mari kitas simak ulasan berikut ini :

  1. Dapat Menurunkan Risiko Serangan Jantung dan Stroke

Manfaat ikan laut yang pertama adalah dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke. Seperti yang diketahui bahwa serangan jantung stroke merupakan penyebab kematian di dunia. Nah, untuk mencegah hal tersebut anda bisa mengonsumsi 1 porsi ikan atau lebih dalam seminggu. Hal ini dikarenakan kandungan omega-3 tinggi pada ikan laut ini dapat mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke. Bahkan, ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa kandungan omega-3 ini dapat menurunkan risiko aritma yang dapat menyebabkan kematian mendadak. 

  1. Menjaga Fungsi Otak

Manfaat ikan laut selanjutnya adalah menjaga fungsi otak. Perlu diketahui bahwa dengan seiiringnya bertambah usia, fungsi otak ini dapat menurun. Nah, dengan mengonsumsi ikan laut ini akan memperlambat penurunan fungsi otak. 

  1. Sangat Baik Untuk Pertumbuhan dan Perkembangan

Kandungan asam lemak omega-3 (DHA) pada ikan laut sangat bagus untuk perkembangan otak dan mata. Namun, bagi ibu hamil perlu membatasi mengonsumsi ikan laut ini karena banyak mengandung merkuri. Selain itu, ibu hamil juga harus menghindari mengonsumsi ikan mentah dikarenakan mengandung mikroorganisme yang bisa membahayakan janin.

  1. Menjaga Kesehatan Penglihatan Pada Lansia

Dalam hal ini, ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa kandungan omega-3 pada ikan laut ini bisa menjaga kesehatan mata. Selain itu, dengan mengonsumsi ikan laut secara rutin juga bisa menurunkan risiko terjadinya gangguan pada mata sebesar 42%. 

Wah ternyata banyaknya juga ya manfaat ikan laut untuk kesehatan? Nah, agar tubuh anda selalu sehat mulai hari ini perbanyak mengonsumsi ikan laut secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *