Cara-Cara Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Melancarkan Menstruasi

5 Cara Melancarkan Haid Tanpa Efek Samping dan Ampuh

Menstruasi atau bisa di sebut juga tamu bulanan, merupakan sebuah keadaan yang pasti akan dirasakan dan dijalani oleh seorang, mulai dari dia puber hingga umur 40 sampai 50an. Ketika menstruasi perempuan ini akann mengalami pendarahan dari vagina kira-kira 2 sampai 7 hari dan hal tersebut terjadi setidaknya sekali dalam sebulan. Siklus menstruasi yang normal untuk perempuan umumnya adalah 28 sampai 35 hari. Tapi kenyataannya hal ini tidak terjadi untuk semua perempuan. Ada juga perembuan yang mengalami menstruasi tidak lancar. Hal ini jika di biarkan bisa saja menjadi hal yang tidak baik, maka dari itu kamu perlu melakukan sesuatu untuk melancarkan menstruasi. Untuk kamu yang masi bingung ini dia beberapa cara melancarkan menstruasi yang bisa kamu lakukan:

  • Jus wortel

Yang pertama adalah dengan mengkonsumsi Wortel, sayuran yang satu ini memang terkenal akan manfaat dan juga khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Wortel ini memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, juga vitamin C, dan kandungan lainnya yang bisa membantu tubuh untuk membuat hormon-hormon yang ada tidak mengalami gangguan. Kamu bisa mencobanya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang efektif.

  • Daun papaya

Yang kedua ada daun pepaya, untuk sebagian orang mungkin mereka tidak suka dengan daun papaya dikarenakan rasanya yang pahit, tapi di balik rasanya yang pahit ini daun papaya ternyata memiliki banyak manfaat dan kandungan yang bagus untuk kesehatan tubuh kamu. untuk cara melancarkan menstruasi dengan daun papaya ini kamu bisa meminum air rebusannya. Kamu hanya perlu merebusnya dengan asam jawa dan garam, setiap meminumnya cukup di minum satu gelas saja.

  • Air kelapa hijau

Yang ketiga ada air kelapa hijau, buah yang satu ini mengandung senyawa laurat yang bisa membantu melawan berbagai macam jenis penyakit. Karena hal tersebut juga air kelapa muda hijau ini juga bisa  dijadikan obat untuk melancarkan menstruasi kamu.

  • Kunyit

Yang keempat ada kunyit, kunyik ini hanya bisa digunakan sebagai bumbu dapur saja loh. Cara melancarkan menstruasi dengan kunyit ini yaitu dengan meminum jamu dari racikan kunyit. Sebaiknya kamu meminum jamu dengan racikan kunyit ini secara rutin untuk memperlancar menstruasi kamu.

  • Jahe

Yang kelima ada Jahe, untuk memperlancar menstruasi rajinlah untuk meminum air seduhan jahe dengan madu setiap hari.

  • Gaya hidup sehat

Yang keenam adalah dengan menerapkan haya hidup yang sehat. Hidup sehat ini bisa kamu lakukan degan mengkonsumsi makanan yang sehat dan juga rajin berolah raga. Selain itu jangan lupa juga untuk mengurangi rokok, meminum minuman beralkohol, minum kopi secara berlebihan, dan juga begadang.

  • Mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi

Yang ketujuh adalah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, hal ini cukup berpengaruh karena jika gizi kamu terpenuhi maka produksi hormon di dalam tubuh pun tidak akan terganggu. Dengan melakukan hal ini maka sistem metabolisme dalam tubuh kamu akan berfungsi jauh lebih baik dan menstruasi pun bisa jadi lancar.

  • Istirahat teratur

Yang kedelapan adalah istirahat dengan teratur, karena jika kamu istirahat dengan cukup maka hormon kortisol bisa terproduksi dengan baik jadi jika kamu mengalami stres, hal tersebut bisa teredam dan tidak akan mempengaruhi hormone hypothalamus yang mengatur periode menstruasi kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *