Daftar Peringkat Fortune Magazine yang Tersohor dan Mendunia

FORTUNEĀ® Indonesia 100 Resmi Diluncurkan

Bagian satu

Sejak dulu, acara penyusunan daftar peringkat alias ranking memang selalu menarik minat manusia sebab tak bisa dipungkiri kita selalu ingin menjadi lebih baik dari yang lain dan selalu ingin tahu siapa yang terbaik dan memberikan usaha paling hebat dalam sebuah persaingan apapun baik dalam bidang akademis, hingga bisnis seperti daftar yang dibuat majalah bisnis Fortune Global setiap tahunnya. Fakta menariknya, Fortune Global ternyata memiliki sekitar 14 kategori ranking dunia yang datang dari berbagai bidang mulai dari bisnis hingga edukasi dan 7 di antaranya akan kita bahas berikut ini.

  • Change the world rank

Daftar peringkat pertama yang akan kita bahas adalah change the world yang merupakan penilaian terhadap perusahaan atau bisnis tertentu yang telah mampu mengubah dunia dengan produk, jasa, atau pelayanan yang mereka berikan kepada masyarakat dunia. Change the world sendiri disusun Fortune Global berdasarkan pengukuran dampak sosial yang diberikan, pendapatan bisnis, hingga inovasi dan integrasi korporasi yang diberikan perusahaan.

  • 40 under 40 rank

Penamaan yang unik dari daftar peringkat kedua Fortune Indonesia ini membuat 40 under 40 langsung menarik minat saat dibaca dan sebenarnya ranking satu ini memang semenarik namanya karena daftar 40 under 40 merupakan daftar pimpinan perusahaan atau pebisnis muda yang dipertimbangkan berdasarkan pengaruh yang mereka sebar luaskan. Katakanlah Mark Zuckerberg pendiri aplikasi media sosial Facebook dan Jack Dorsey, salah satu pendiri Twitter pernah masuk ke dalam daftar peringkat unik ini.

  • Most Powerful Women

Dari sekian daftar peringkat Fortune tentang pebisnis yang tentu saja didominasi oleh sosok laki-laki, Fortune Global juga menyusun sebuah peringkat khusus tentang dunia wirausaha yang memfokuskan penilaian kepada sosok perempuan dalam Most Powerful Women in Bussines. Sejak 1998, Fortune Magazine telah mulai menyusun daftar peringkat ini dengan penilaian berbagai kriteria seperti ukuran dan nilai penting usaha yang setiap wanita pebisnis di mata dunia, arah dan kondisi kesehatan perusahaan, rekam jejak karir sang pebisnis wanita hingga pengaruh sosial dan budaya yang dimiliki sang pebisnis.

  • Most Powerful Women international

Daftar peringkat Fortune Global yang keempat ini pada dasarnya senada dengan rank Most Powerful Women tetapi disusun dalam skala yang lebih luas dan menyoroti wanita berpengaruh dalam bisnis yang berbasis di luar Amerika Serikat. Fortune Global sendiri mengungkapkan penyusunan daftar ini makin terasa sulit dari tahun ke tahun karena posisi wanita dalam bisnis masih sangat kurang terwakili di mana untuk pemimpin bisnis sendiri ditemukan hanya 13 wanita yang memimpin perusahaan dunia dari total 500 perusahaan yang dijaring Fortune Global.

  • 100 Fastest Growing Companies

Daftar peringkat kelima ini mendukung perusahaan-perusahaan yang bertumbuh dengan cepat dan umumnya dinilai dalam rentang waktu tiga tahun belakangan dalam beberapa kategori penilaian seperti pendapatan, keuntungan atau laba, hingga pengembalian saham. Umumnya pengisi peringkat ini terdiri dari perusahaan-perusahaan yang telah memasuki usia matang dan pada tahun ini rata-rata usia perusahaan naik dua tahun dari sebelumnya yaitu berada di kisaran usia 40 tahun.

  • Bussinesperson of The Year

Selain menilai perusahaan-perusahaan dan  menyusunnya dalam peringkat-peringkat dunia, Fortune Global juga membuat daftar peringkat tentang sosok dalam dunia bisnis yang berpengaruh. Dalam menyusun peringkat ini, Fortune menyaring 10 metrik yang dimulai dari pengembalian modal hingga pengembalian total kepada para investor. Pada tahun 2020 lalu, Elon Musk, CEO SpaceX dan Tesla menduduki peringkat teratas untuk kedua kalinya.

  • Future 50

Selain menyusun peringkat berdasarkan pertumbuhan hingga pendapatan perusahaan saat ini, Fortune Global juga menyusun daftar berdasarkan prospek dan kemungkinan pertumbuhan jangka panjang dalam daftar peringkat perusahaan global Future 50.

Itulah tadi 7 daftar peringkat yang disusun Fortune Global dan didasarkan dari berbagai parameter penilaian yang sahih dan bisa dipertanggungjawabkan. Manakah dari 7 daftar peringkat di atas yang jadi favorit Anda?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *