Pengertian Teknologi Sistem Informasi Menurut Definisi Para Ahli

Posted on

Teknologi Sistem Informasi ialah teknologi yang tidak terbatas pada penggunaan sarana komputer, tetapi meliputi pemrosesan data, aspek keuangan, pelayanan jasa sejak perencanaan, standar dan prosedur, serta organisasi dan pengendalian sistem catatan (informasi). Dalam kamus Oxford, teknologi informasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama Komputer, untuk menyimpan,, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja.. termasuk kata-kata bilangan dan gambar.

Pada tahun 2005 Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkinsmereka mendefinisikan Teknologi Informasi ini merupakan kombinasi teknologi komputer yang terdiri dari perangkat keras dan lunak untuk mengolah dan menyimpan informasi dengan teknologi komunikasi untuk melakukan penyaluran informasi. Di sini teknologi komunikasi digunakan sebagai alat penyaluran informasinya, sedangkan informasinya diolah dan disimpan dalam komputer.

Teknologi Sistem Informasi menurut Jogiyanto (2005:3) menunjukan ke teknologi yang digunakan oleh sistem informasi. Istilah Teknologi Sistem Informasi mempunyai arti yang mirip dengan Teknologi Informasi.

Menurut Atler dalam buku Kadir (2006:17) mendefiniskan bahwa “Teknologi Informasi mencakup perangkat keras dan perangkat lunak untuk melaksanakan satu atau sejumlah tugas pemrosesan data seperti menangkap, mentransmisikan, menyimpan, mengambil, memanipulasi, atau menampilkan data “ sedangkan menurut  Willams dan Sawyer (2003 ) Williams dan Sawyer mendefinisikan Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara.

Martin dalam buku kadir mengungkapkan  (2006 : 17) “Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi”.

Dari pendapat para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa teknologi sistem informasi adalah teknologi hasil rekayasa manusia yang berupa alat untuk menyimpan, memproses, dan mengirimkan informasi yang digunakan dalam proses sistem informasi sehingga lebih efektif dan efisien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.