Tips Membuat ASI Lebih Lancar

7 Cara Memperbanyak ASI Secara Alami agar Menyusui Lancar | Popmama.com

            Bagi wanita yang sudah melahirkan, ASI sangat dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir. Seorang bayi harus selalu terpenuhi gizinya, dan semua gizi yang baik ada dalam ASI. Namun terkadang tidak semua wanita bisa memberikan ASI kepada bayinya. Ada beberapa sebab ASI tidak keluar, atau sang ibu tidak bisa memberikan ASI. Misalnya saja, ketika si ibu melahirkan secara operasi sesar, atau ASI masih belum keluar selama hamil, dan butuh waktu beberapa hari untuk melatih agar ASI bisa keluar. Selama hamil, seorang wanita diwajibkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi, untuk mencukupi kebutuhan janin. Tidak hanya itu, makanan dan asupan yang masuk ke dalam tubuh calon ibu akan diserap dan digunakan untuk setelah melahirkan. Jadi mempersiapkan kebutuhan gizi yang dibutuhkan tubuh pada saat setelah melahirkan. Melahirkan juga harus butuh kekuatan, fisik, dan pikiran yang relax. Untuk dapat memberikan ASI yang lancar untuk sang buah hati, ada beberapa tipssitus parenting yang bisa dilakukan.

Tips Lancar MengASIhi

            Ketika wanita melahirkan secara normal, bidan akan memberikan IMD atau inisiasi menyusui dini agar si bayi dengan mudah mengenali puting si ibu. Namun jika melahirkan secara operasi sesar, sang ibu tidak bisa memberikan IMD. Sebab si ibu masih lemah akibat bius dan masih belum bisa menggerakkan tubuhnya sesaat setalh melahirkan. Agar bisa menyusui dengan nyaman dan ASI keluar lancar, inilah tips parenting yang bisa dilakukan :

  1. Lakukan IMD setelah melahirkan. Pilihlah klinik atau tempat lahiran yang pro dengan IMD. Karena tidak semua tempat bersalin dan bidan melakukan IMD setelah lahiran. Fungsi dari IMD sendiri, agar si bayi tidak bingung puting dan bisa mencari ASI nya sendiri. Selama di dalam kandungan, janin hanya mendapatkan asupan makanan dari tali pusarnya. Dan janin hanya bisa mengemut jempolnya saja. Setelah keluar dari rahim, bayi harus dibiasakan untuk mengenali ASI dengan cara IMD.
  2. Makanan selama hamil. Utamakan makan makanan yang bergizi dan banyak vitamin. Perbanyak asupan asam folat agar kandungan lebih kuat, kalsium agar tubuh sang ibu dipenuhi nutrisinya, dan makan banyak sayuran agar ASI lebih lancar. Sehingga bisa keluar sebelum lahiran, atau selama hamil 7 bulan ke atas sudah keluar sendiri ASI nya. Ada banyak sayuran yang bisa dikonsumsi, yaitu sayur bayam, sayur katuk, sayur kacang-kacangan, dan juga sayur sop ayam. Jangan lupa minum vitamin C dan perbanyak minum susu.
  3. Pijat laktasi. Ada teknik memijat agar ASI keluar lebih lancar. Kita bisa pelajari teknik pijat di bidan, di youtube, atau pada saat yoga hamil. Manfaat dari pijat laktasi untuk memperlancar ASI mudah keluar setelah melahirkan. Selain itu agar ASI kita bisa lebih banyak dan mudah untuk di pompa.
  4. Pompa ASI secara berkala. Menyusui bayi tidak hanya memberikan susu kepada sang anak. Namun juga ada proses yang dilakukan agar payudara tidak terasa sakit saat menyusui. Lakukan pompa saat payudara terasa penuh. Taruh hasil pompa ke dalam wadah ASIP. Wadahnya berbentuk seperti kantong dan dimasukkan ke dalam kulkas. Agar menjaga ASI tetap steril. Pompa ASI bertujuan agar produksi ASI lebih lancar dan saat sang bayi menyusu, tidak terasa penuh.

Itulah beberapa tips parentingyang bisa dilakukan dengan mudah dan murah, agar bayi nyaman menyusui dan tetap diberikan ASI sejak dilahirkan. Meskipun banyak susu formula yang bisa diminum oleh bayi, namun ASI tetap menjadi yang pertama untuk nutrisi bayi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *